May 31, 2015

Beef Gravy

Menu paling yahuuudd.. Dan berguna untuk campuran apa aja. Nasi tim, bubur, mashed, atau pasta. Dan kayaknya bakal jadi andalan gw juga buat mpasinya Raihan. 

Berdasarkan buku Mpasi Travelling nya Mamakukokihandal, resepnya kayak gini. Gw sih ada beberapa bahan yang dimodif tergantung ketersediaan dirumah. Jd ga saklek yaaa...

Monggo...

Bahan:

1 sdt minyak zaitun extra light/minyak sayur/Unsalted Butter
1 siung bawang putih,
cincang250gr daging ayam kampung/ daging sapi giling/ hati ayam kampung (pilih salah satu untuk setiap resep)
250ml air matang/air kaldu
1 btg daun bawang, iris halus
1 btg seledri
50gr wortel, potong-potong
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

Tumis bawang putih dengan minyak zaitun/minyak sayur/UB hingga harum.
Masukkan daging ayam/sapi/hati ayam dan air kaldu, masak hingga berubah warna.
Masukkan bahan-bahan lain kecuali maizena, masak selama 15 menit dengan api kecil hingga matang.
Masukkan larutan maizena, aduk hingga kental, angkat dan dinginkan.
Haluskan denganblender atau food processor.
Masukkan ke dalam cetakan es batu, bekukan.

Food in this Sunday

1. Kaldu Daging
2. Kaldu Gindara
3. Gravy Sapi
4. Abon Tempe
5. Restock Frozen Food
6. Puding Buah

Menu ceklis stok mpasi Raihan buat hari minggu ini yang harus dikerjain. Semangat!!

Resepnya, setelah semua mateng yaaa :)

*postinganmaksa* hehehe

May 9, 2015

(Bukan) Rak Piring Biasa

MakasihSejak Raihan mulai makan dan saya semangat baja Mpasi Homemade 45, peralatan makannya Raihan banyak cuyyy... Alhamdulillah sebagian kadoan (hepi bangetttt) sebagian lagi beli lah nyicil2..hihi.. Nah rak piring drumah udah ga nampung. Semua blok ada isiny, daaaann full.. Sementara waktu awal2 mpasi smua peralatannya di taro di wadah tupperware yang cukup besar namum tetep ajee kaga cukup. So, bundanya raihan yang keganjenan pengen beli rak Puku kayak gini..


Nah, ternyata... Duitnya belum cukup. Jadilah planning tinggal planning..

Suatu malam, hasil curhat sama ayahnya raihan, akhirnya si ayah mau kasih Raihan rak piring. Dan gw pun senang. Usut punya usut, ternyata ayahny raihan ga beli, tapi bikin deh tuh tak piring!

Bahannya dari kardus sisa oleh2 Surabaya. Dilapis kertas asturo dan kabel tis serta bekas sampul CD / DVD. Kreatip... 👏👏👏👏

Prinsip kerjanya nyontek kotak P3K yang gantung itu. Karena dari kardus dilapis pake tempat CD yang diiket pake kabel tis. Supaya kuat..hehe..

Awalny gw sempet ragu. Tapi, begitu liat hasilnya. .. Terharu! Kenapa? Karena ini (bukan) rak piring biasa. Bukan diliat dari materi, melainkan ada cinta di setiap usahanya. Cinta ayah untuk anaknya.

Alhamdulillah rakny udah jadi dan bentuknya seperti ini.




Makasih ya ayah, bukan soal rak piring ya, tapi soal cinta yang ada disetiap rekatannya.. We love u, ayaaaaahhh...

Bunda, Raihan