June 14, 2014

Say No To Baby Hand Strapp

Entah ini jaman apa namany, yang kalo gw bilang sih semakin maju semakin ga manusiawi. Bahkan beberapa inovasi pun diciptakan dan dipergunakan kepada manusia, padahal sejatinya itu mengadopsi dari tingkah laku robot, atau bahkan hewan. 

Buat ibu-ibu jaman sekarang, yang punya anak tergolong "susah diem" ada alat nih namanya Baby Hand Strap.. Jadi semacam tali yang menghubungkan tangan si ibu dengan tangan si anak. Kalo kata gw sih mirip tali kekang. Tujuannya adalah agar si anak tetap dalam pengawasan dan jangkauan orang tua. Hal ini banyak dipakai di negara-negata maju. Indonesia, baru sebatas ikut-ikutan karena gw yakin ini belom banyak diaplikasikan di indonesia. 

Di beberapa pusat perbelanjaan seperti mall atau supermarket, banyak nih orang tua yang makein ini ke anaknya. Jadi biasanya pas bapak atau ibunya milih barang si anak kan ga terawasi, so alat ini berguna banget kalo tarikan tali agak sedikit menjauh.. 

Di beberapa forum hal ini sempet jadi pro dan kontra. Untuk yang pro mereka beralasan "Safety First". Ga mau anaknya ilang di keramaian. Sementara untuk yang kontra, mereka beralasan "kemanusiaan" karena dengan demikian sama saja menyamakan anak dengan hewan peliharaan.

Gw masuk kelompok mana? Jelas gw sangat MENOLAK penggunaan Baby Hand Strap ini. Buat gw, penjagaan terhadap anak kecil memang sungguh ekstra dan butuh kesabaran tapi bukan dengan penggunaan tali seperti yang biasa dipakaikan pada binatang. Resiko punya anak dan berinteraksi dengan anak kecil ya itu tadi, mau cape dan mau telaten, apalagi kalo anakny udah bisa jalan. Kalo lagi belanja atau dipusat keramaian, lebih baik bawa pendamping untuk membantu kita. Digendong jika memang masih memungkinkan. Bisa juga memakai keteta dorong anak yang sekarang sudah banyak disediakan di pusat perbelanjaan. Atau lebih amannya, jika merasa tidak mampu menjaga namun ada hal yang sangat penting, biarlah mereka tetap berada dirumah dengan anggota keluarga kita yang lain atau orang yang kita percaya menjaganya. Penitipan anak bisa jadi solusi terakhir ketimbang memperlakukan anak kita sama seperti hewan. 

Berikut ini gw dapet dari kaskus tentang beberapa foto penggunaan baby hand strap http://m.kaskus.co.id/thread/539092a96c07e78d188b4623

1 comment:

  1. giliran aku yang nanti nulis ya uke ttg ini..miriiiisss

    ReplyDelete