April 14, 2014

16 Minggu Yang Mengagumkan

Alhamdulillah usia kehamilan gw udah di 16 minggu. Skarang jalan 17 minggu malahan. Alhamdulillah juga semuanya baik-baik aja. Udah bisa makan macem-macem. Udah bisa ngemil macem-macem. Udah ga mual. Udah ga muntah parah. Udah bisa jalan-jalan. Udah ga anti sama bau-bauan. Udah bisa naek bis lagii.. Jadi bisa bareng-bareng lagi sama ayahnya kaka. Alhamdulillah sekarang berada di trimester kedua dan bisa lewatin fase kritis dengan baik. Makasih ya kaka, udah kerjasama sama bunda.. (Tooss)

Secara fisik, belum ada yang berubah. Masih slim. Tapi perut udah buncit sih sedikit. Barat badan baru naek 3 kg dari waktu sebelum hamil. Kalo dulu 50 kg eh sekarang 53 kg. Tapi sejak kontrol terakhir sih alhamdulillah kaka sehat. Nah, soal perut emang belom buncit banget. Tapi rahim udah naik. Paling berasa kalo lagi tiduran. Apalagi pas bangun subuh, itu perut kenceng banget dan posisiny jendul diatas. Pokoknya udah ga datar lagi. Dan gw jadi amazing sendiri ngliatnya. Hehehe.. Kadang gw usap-usap sambil ajak ngobrol. Baru deh dia ga kencang lagi. Nah, foto di bawah ini gw ambil pas usia kehamilan gw 13 ato 14 minggu gtu ya.. Yang 16 minggu belom poto lagi..


16 minggu kata orang mah udah 4 bulan, tapi pas gw itung ternyata belom genap 4 bulan loh.. Coba deh dihitung lagi. Hehehehe.. 16 minggu belom 120 hari, berarti belom genap 4 bulan karena baru 112 hari. Tapi usia 16 itu emang mengagumkan. Melihat perut yang udah "terlihat" hamil. Merasakan kembalinya energi setelah drama awal kehamilan. Bahkan soal jenis kelamin si kaka yang udah bisa diliat diminggu ini. Aahh bahagianya. Alhamdulillahnya semua bisa dilalui sampai detik ini. 

Kalo kata sumber yang gw baca sih ya, usia 16 minggu itu si kaka panjangnya sekita 10,6 cm sampe 12 cm. Dengan berat 80-110 gr. Cuma kontrol terakhir kemaren sih panjangnya udah 11 cm dan beratnya 158 gr ajaa donk.. Duh, nak kamu ndut ya..hahaha.. Ini sih gwnya kebanyakan es krim kayakny. Abis enak sih. So far dokternya belom warning.. Gapapa.. Hajaarr...hehehe..

Selain itu, berdasarkan kalenderkehamilan.com, Kepala berada pada posisi lebih tegak sekarang, matanya sudah berpindah lebih dekat ke bagian depan wajah, dan telinga janin sudah hampir mencapai posisi akhir sehingga pendengaran janin sudah mulai berfungsi. Pola dari tulang tengkorak janin mulai terbentuk. Jantung janin saat ini memompa sejumlah darah setiap harinya dan akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin.
 
Janin Ibu sudah hampir sempurna sekarang dengan pertumbuhan bulu mata dan alis namun masih terlihat kurus karena belum terdapat lemak di tubuhnya. Kulit janin masih tipis sampai kita dapat melihat pembuluh darah di baliknya. Produk sisa dari sekret (cairan) pencernaan dan cairan amnion disebut mekonium sudah mulai terakumulasi di usus. Janin Ibu akan mengosongkan kandung kemihnya setiap 40 – 45 menit.

Waaaaww.. Kereen.. Hehehehe.. Begitulah kira-kira perkembangan kaka minggu ini. Selain emaknya sehat, anaknya jugaaa.. Yeyeyeye.. Next, gw cerita tentang kontrol bulan ini :) semoga membantu..

2 comments:

  1. aku terharu baca posting ini :')
    pasti kamu lucu banget ya ka :*

    ReplyDelete
  2. :*:* iyaa donk utiik.. kaka lucu loh, ndut pas usg kmaren.. utiiik putrii mau liat kaka yaa. sabar yaa utiik, kaka masih main2 dirahim bunda, nanti main sm utiik yaa...

    ReplyDelete