March 28, 2014

Cerita Trimester Pertama Kehamilan

Mungkin tulisan gw ini berguna buat para calon ibu yang lagi ngalamin First Semester di kehamilannya. Buat calon ibu yang lagi nyari banyak pengalaman calon ibu lainnya di kehamilannya. Dan kali ini gw mau cerita soal trimester pertama yang telah gw lalui. Trimester pertama kehamilan tepatnya antara minggu 1 sampe minggu ke 12. Sekarang usia kehamilan gw udah masuk trimester kedua. Bagi kebanyakan ibu, trimester pertama adalah bagian terheboh, dan dramatis. Mengapa demikian? Karena hormon kehamilan baru terbentuk dan tubuh ibu mengalami penyesuaian terhadap perubahan hormon tersebut. Gw? Pastinya. 

Minggu awal kehamilan gw belom kerasa apa-apa. Masing sangat doyan makan dan jajan. Makan dengan lahap dan porsi banyak. Bahkan beberapa orang bilang gw gemukan. Dan emang brasa gemukan sih. Setelah tau hamil, dan cek ke obygin belom ada keluhan. Masuk minggu ke 6 kehamilan, baru terasa perubahannya. Gw muntah sepanjang hari. Mual yang ga tertahankan. Sering kedinginan, bahkan sampe sekarang. Sangat sensitif pada bau masakan dan bau nafas orang. Lemes. Lebih sering tidur dan tiduran. Bahkan teramat sangat malas ke kantor. Beberapa kali juga gw jackpot di jalan, di atas kendaraan. Masuk minggu ke delapan, gw makin banyak produksi air liur. Huh. Ada batuk pilek juga, yang sampe sekarang belom hilang dan membuat mual. Gw juga jadi susah tidur, sering kebangun dan mimpi aneh ga jelas. Perut juga terasa penuh alias begah. Ga bisa masuk makanan terlalu banyak. Alhamdulillah gw ga ribet makan nasi. Gw masih mau makan nasi walau cuma 5-6 sendok karena mual. Masih bisa makan sayuran dan buah. Makan daging sesekali bukan karena ga doyan. Walau begitu berat badan gw naik 2kg hahaha..

Disini gw belom keliatan lagi hamil. Perut jg masih buncit wajar,, hahahaha (ga bilang klo perut gw slim yaaaa). Oiya, gw agak males mandi juga. Males masak, dan males ngapa-ngapain. Kasihan mamas klo begini terus sih.... Huhuhu.. Untuk tiga bulan pertama gw ngungsi kerumah ibu. Karena kemalasa itu jadi kalo di rumah ibu enak ada yang ngurusin. Hihihihihi...

Perubahan mood jg terjadi di trimester ini. Sesekali gw sedih. Tapi bisa ceria. Kangen banget-banget sama mamas. Pokokny pengen sama mas terus. Udah gitu keluhan paling ga enak bukanlah mual atau muntah, tapi heartburn. Gw mengalami heartburn di usia kehamilan awal karena gw ada gejala maag jadilah makin parah ditengah mual dan muntah itu. Kalo udh heartburn makan apa atau minum apa juga jadi ga enak. Buat nelen sakit karena terasa panas di tenggorokan. Prefer gw bobo klo udah kaya gtu. Dan satu hal lagi, gw juga sempet muntah dengan warna cairan lambung kecoklatan. Huhuhuh panik sejujurnya. Karena gw sedikit merasakan bau amis darah gitu di muntahnya. Tapi alhamdulillah itu ga berlangsung lama. Cuma tiga hari. Normal sendiri. Selidik punya selidik, itu asam lambung yang udah kena cairan usus. Jadi seperti luka gitu. Serem juga liatnya loh.. Sempet dikasih resep sama temen yang bidan, tapi belom sempet dibeli udah sembuh. Jadi intinya perut ga boleh kosong sama sekali. Cuma klo keluhanny kaya gw, mau makan aja ga nafsu gimana ga kosong tu perut... Ya, kembali lagis sama semangat kita aja sih buat nutrisi baby klo gtu. 

Alhamdulillah gw sekarang udah ada di trimester kedua. Bagaimana ceritanya? Tunggu postingan selanjutnya ya. Happy pregnant, laddies.. :*

0 comments:

Post a Comment