March 28, 2014

Cerita Trimester Pertama Kehamilan

Mungkin tulisan gw ini berguna buat para calon ibu yang lagi ngalamin First Semester di kehamilannya. Buat calon ibu yang lagi nyari banyak pengalaman calon ibu lainnya di kehamilannya. Dan kali ini gw mau cerita soal trimester pertama yang telah gw lalui. Trimester pertama kehamilan tepatnya antara minggu 1 sampe minggu ke 12. Sekarang usia kehamilan gw udah masuk trimester kedua. Bagi kebanyakan ibu, trimester pertama adalah bagian terheboh, dan dramatis. Mengapa demikian? Karena hormon kehamilan baru terbentuk dan tubuh ibu mengalami penyesuaian terhadap perubahan hormon tersebut. Gw? Pastinya. 

Minggu awal kehamilan gw belom kerasa apa-apa. Masing sangat doyan makan dan jajan. Makan dengan lahap dan porsi banyak. Bahkan beberapa orang bilang gw gemukan. Dan emang brasa gemukan sih. Setelah tau hamil, dan cek ke obygin belom ada keluhan. Masuk minggu ke 6 kehamilan, baru terasa perubahannya. Gw muntah sepanjang hari. Mual yang ga tertahankan. Sering kedinginan, bahkan sampe sekarang. Sangat sensitif pada bau masakan dan bau nafas orang. Lemes. Lebih sering tidur dan tiduran. Bahkan teramat sangat malas ke kantor. Beberapa kali juga gw jackpot di jalan, di atas kendaraan. Masuk minggu ke delapan, gw makin banyak produksi air liur. Huh. Ada batuk pilek juga, yang sampe sekarang belom hilang dan membuat mual. Gw juga jadi susah tidur, sering kebangun dan mimpi aneh ga jelas. Perut juga terasa penuh alias begah. Ga bisa masuk makanan terlalu banyak. Alhamdulillah gw ga ribet makan nasi. Gw masih mau makan nasi walau cuma 5-6 sendok karena mual. Masih bisa makan sayuran dan buah. Makan daging sesekali bukan karena ga doyan. Walau begitu berat badan gw naik 2kg hahaha..

Disini gw belom keliatan lagi hamil. Perut jg masih buncit wajar,, hahahaha (ga bilang klo perut gw slim yaaaa). Oiya, gw agak males mandi juga. Males masak, dan males ngapa-ngapain. Kasihan mamas klo begini terus sih.... Huhuhu.. Untuk tiga bulan pertama gw ngungsi kerumah ibu. Karena kemalasa itu jadi kalo di rumah ibu enak ada yang ngurusin. Hihihihihi...

Perubahan mood jg terjadi di trimester ini. Sesekali gw sedih. Tapi bisa ceria. Kangen banget-banget sama mamas. Pokokny pengen sama mas terus. Udah gitu keluhan paling ga enak bukanlah mual atau muntah, tapi heartburn. Gw mengalami heartburn di usia kehamilan awal karena gw ada gejala maag jadilah makin parah ditengah mual dan muntah itu. Kalo udh heartburn makan apa atau minum apa juga jadi ga enak. Buat nelen sakit karena terasa panas di tenggorokan. Prefer gw bobo klo udah kaya gtu. Dan satu hal lagi, gw juga sempet muntah dengan warna cairan lambung kecoklatan. Huhuhuh panik sejujurnya. Karena gw sedikit merasakan bau amis darah gitu di muntahnya. Tapi alhamdulillah itu ga berlangsung lama. Cuma tiga hari. Normal sendiri. Selidik punya selidik, itu asam lambung yang udah kena cairan usus. Jadi seperti luka gitu. Serem juga liatnya loh.. Sempet dikasih resep sama temen yang bidan, tapi belom sempet dibeli udah sembuh. Jadi intinya perut ga boleh kosong sama sekali. Cuma klo keluhanny kaya gw, mau makan aja ga nafsu gimana ga kosong tu perut... Ya, kembali lagis sama semangat kita aja sih buat nutrisi baby klo gtu. 

Alhamdulillah gw sekarang udah ada di trimester kedua. Bagaimana ceritanya? Tunggu postingan selanjutnya ya. Happy pregnant, laddies.. :*

March 17, 2014

Surat Untuk Kaka (Part 1)

Asslm, kaka sayang...

Ini tulisan pertama bunda buat kaka... Ka, tau ga bunda sama ayah juga nenek2 km, kakek2 km, bulek oca, om enis, daaaan yang lainnya seneng banget loh kaka akhirnya dateng. Bunda juga seneng banget ka bisa hamil kamu diusia bunda yang masih dibawah 30 tahun. Alhamdulillah bunda masih seger, nak. Oya, tulisan ini bunda tulis dengan keadaan sebenar-benarny, ga ada yang dtambah kurangin. Cuma pengen kaka tau aja nanti suatu saat klo udah bisa baca, udah ngerti, gimana rasanya hamil, entah kaka yang hamil atau istri kaka nanti (secara bunda belom tau jenis kelamin km, nak) dari sebelom hamil sampe hamil en ngelahirin. InsyaAllah bunda akan tulis terus sampe bunda ngebesarin km nak....

Oiya kak, temen2 bunda juga banyak yang lagi hamil. Bunda seneng deh, hamil kamu ga sendirian jd bisa sharing sm temen bunda yang lagi hamil juga. Ada tante vina sm tante vda temen berbagi bunda waktu nyiapin pernikahan, ada tante nung temen seperjuangan bunda waktu bunda diklat prajabatan di Bandung, ada juga tante nuri yang baik banget ka, tante nuri temen bunda waktu masih kost pas bunda kuliah... Senengnya kak, denger mereka juga hamil, apalagi usiany ga jauh beda sama kamu, jadi kamu banyak loh kak temennya. Oiya, tante citra juga hamil.. Jadi kamu sama usiany sm sepupu kamu, kak..

Hmmm dimulai dari mana ya ceritanya... Bunda males mandi loh ka. Sehari cuma sekali. Klo lagi full drumah, bunda malah ga mandi. Soalny bunda gampang kedinginan sejak hamil kamu, nak. Tidur aja make kaos kaki. Ada kipas dikit deket bunda, bunda bs langsung make selimut padahal cuaca lagi panas banget kak...heheehehehe... Keren kan? Bunda kayak orang sakit tapi ga sakit...

Waktu bunda hamil kamu 6 minggu, semuany masih asik ka, bunda masih bisa makan apa aja, masih sehat, segar, dsb. Eh, pas masuk usia 7 minggu sampe sekarang bunda langsung drop. Alhamdulillahnya ga sampe di rawat ka di rumah sakit. Bunda cuma lemeeeeeeessss seharian, ga enak makan, nyium bau masakan eneg, nyium bau ayah kamu, bau eyang km, bau bulek oca, apalagi bau om denis bunda sebel ka, pengen muntah. Tp bunda tahan sayang, bunda selalu solawatan sama baca kalimatullah lah kayak allahuakbar, subhanallah...itu bunda lakuin tiap mau nahan mual n muntah supaya ga sering mual muntah... Tapi klo udah ga kuat sih yaa kluar juga ka... Hehehehehe...

Bunda juga ga suka makan pedes ka. Kalo makan pedes itu tenggorokan bunda sakit n brasa pahit. Trus klo mau muntahny bunda sering panas tenggorokan, katany si om google sih itu namanya heartburn.... Bunda sampe bingung harus ngobatinny gimana. Bunda sengaja ga mau kamu kena obat2an yang berbahan kimia nak, makanya akhirny bunda tahan2in aja deh... 

Oya, selama hamil di trimester awal, bunda tinggal di rumah eyang di duren jaya ka. Bunda ga kuat naek bis, bisa muntah di jalan bunda kalo naek bis. Udah gitu kan bunda jadi sering buang ludah, takut orang-orang dbis pada aneh kak liat bunda... Disini banyak yg urus bunda. Jadi seneeeng.. Tapi ada sedihny ka, bunda jadi tiap jumat sampe senin ketemu ayah km. Kasian ayah klo dari bekasi jauh kerjany...jadi ayah tetep stay di rumah kita... Sediihh :( 

Ini bunda tulis di minggu ke 11 kehamilan bunda sayang, pas badan bunda lagi enakan. Nanti bunda tulis lagi... Minggu depan bunda masuk 12 minggu... Selamat 3 bulan, kakabayi :* 

Dan foto USG dibawah, waktu kaka usia 9 minggu.. 


Fyi, dan sekarang pas tulisan ini di posting usia kamu udah 12 minggu 3 hari.. Nanti, bulan dpan kita ketemu ya kak.. Love u, sayang..

Salam, bunda.

March 12, 2014

RENUNGAN BUNDA TENTANG AYAH

Anakku...
Memang ayah tak mengandungmu,
tα̇pi darahnya mengalir didarahmu, namanya melekat dinamamu...

Memang ayah tak melahirkanmu,
Memang ayah tak menyusuimu,
tapi dari keringatnyalah setiap tetesan yang menjadi air susumu...

Nak...
Ayah memang tak menjagaimu setiap saat,
tapi tahukah kau dalam do'anya selalu ada namamu disebutnya...

Tangisan ayah mungkin tak pernah kau dengar karena dia ingin terlihat kuat agar kau tak ragu untuk berlindung di lengannya dan dadanya ketika kau merasa tak aman...

Pelukan ayahmu mungkin tak sehangat dan seerat bunda, karena kecintaannya dia takut tak sanggup melepaskanmu...

Dia ingin kau mandiri, agar ketika kami tiada kau sanggup menghadapi semua sendiri...

Bunda hanya ingin kau tahu nak...
bahwa...
Cinta ayah kepadamu sama besarnya dengan cinta bunda...

Anakku...
Jadi didirinya juga terdapat surga bagimu... Maka hormati dan sayangi ayahmu...

(copas dr facebook..hehehe.. #EdisiMalesNulis #YangPentingUpdate #NamanyaUsaha)
Oleh: Ustadz Firanda Andirja, MA

Anakku by Vina Panduwinata

Saat engkau tertidur
Kupandangi wajahmu
Masih ingin kumendekapmu
Masih ingin kumenciummu
Tak pernah kusadari
Waktu cepat berlalu
Kini engkau menjadi besar
Kini engkaulah harapanku

Tumbuh-tumbuhlah anakku
Raihlah cita-citamu
Jangan pernah engkau ragu, Sayang
Doaku selalu bersamamu
membuat aman dihidupmu
Selamanya…