February 19, 2014

Selamat datang, Mual

Hamil itu.. Amazing! Kenapa gw bilang amazing? Ya iyalah amazing. Karena kita diajarin ga boleh egois, sebenar-benarnya egois. Karena apapun yang kita rasakan, kita makan, kita minum, kita lakukan akan sangat berpengaruh sama bayi yang ada dalam kandungan kita.

How about me? Oke jangan ditanya. Hamil itu yaa amazing tadi. Jadi, inilah alasan kenapa gw jadi ga apdet-apdet blog ini. Semua itu karena satu kata, MUAL ! Oke, sesuatu ya kalo kita udah mual abis itu dapet jackpot. Tapi ini lain, kita ga boleh ngeluh. Sharing boleh, ngeluh jangan. Nikmatilah perjuangan awal mau jadi ibu. 

Akhirnya gw katakan, "Hai" pada mual. Ini semua terjadi alamiah seiring usia kandungan gw yang masuk 6 minggu sampe sekarang. Gw pikir si mual ini cm dateng 2 minggu, eh tapi nyatanya ngga. Masuk minggu ke 9 pun gw masih mual. Bener-bener ga doyan makan. Maksain makan tapi cuma bisa masuk 4-6 sendok, itupun porsi kecil. Dan tulisan2 ini gw dedikasikan untuk kakabayi, kelak dia dewasa nanyi bisa baca cerita-cerita bundanya selama menunggu hingga melahirkan dan merawatnya. Dan untuk siapapun yang baca tulisan ini, beginilah menjadi ibu. Berjuang, bahkan ketika kamu sudah bisa mandiri. Aaahh, i love ibukuuuu...

Baiklah, masuk minggu ke 6 gw mulai merasa perubahan drastis pada nafsu makan. Gw bukan orang yang pusing sama diet, makanan apa aja masuk. Terlebih lagi gw sm mamas emang suka kulineran. Jadi sangat aneh ketika gw ga doyan makan. Nyium bau masakan langsung mual. Rasanya ga bisa digambarin.. Bener-bener ga enak. Dilema pun semakin menjadi ketika gw berpikir bahwa gw lah satu-satunya sumber makanan buat kaka. Klo gw ga supply apapun, dy mau makan apa?? Dan atas dasar semangat itulah gw berusaha lawan mua dan muntah itu. Gw ga ngenal morning sickness yang gw rasa adalah all day long sickness. Yak, sepanjang hari. Ga kenal waktu. 

Alhamdulillahnya gw ga sepanjang hari merasakan mual dan muntah. Paling dahsyat di setiap usia kaka naek 1 minggu. Mungkin itu interaksiny dengan kami bahwa dy baik-baik aja dan tumbuh sempurna di rahim gw, ya dengan gw mual en muntah itu. Gw masih bersyukur karena bisa masuk makanan kecil kayak biskuit atau cookies, atau roti dan buah. Tiap makan nasi pun masih bisa ditelan en di cerna lambung. Walau sesekali akhirnya jackpot. Hal yang bikin muntah bukan pada saat makan, justru pada saat dikendaraan yang jalananny bergelombang. Beberapa kali naik bis, gw ga kuat. Kantong plastik pun tersedia di dalam tas.  Ini masih trismester pertama.. Well, masih panjaaaaaaanggg.... Oke, baiklah..


Dear, mual.. Segeralah berakhir.. Gw ga takut gendut, please.. Yang penting kakabayi sehat. Cuma itu..

0 comments:

Post a Comment