November 21, 2013

Cemara Norfolk

Berhubung gw sama mas lagi giat-giatnya berkebun, berikut ini adalah tanaman utama yang gw tanam di taman mini kita. Adalah si Cemara Norfolk yang akhirmya jadi gw beli minggu lalu di toko langganan deket Padang Golf Halim. Nah waktu beberapa kali mampir kesana, gw emang udah naksir banget sama tanaman cemara ini. Bentuk ketika dia masih mini itu lucu banget. Seperti segitiga menjulang keatas.. Usut punya usut, ternyata Cemara Norfolk pertama kali di temukan di Pulau Norfolk, sebuah pulau kecil di Samudera Pasifik, tahun 1774. Tapi, kebanyakan orang juga menyebut jenis cemara ini sebagai ‘bintang pinus’. 

Cemara Norfolk tumbuh hinggga ketinggian 50 – 65m dan memiliki penampilan yang khas:  banyak cabang simetris berbentuk seperti jarum tumpul dan membentuk garis segitiga hingga ke atas. (Ini yang membuat gw suka) hehehe...



Cemara Norfolk (Araucaria Heterophylla)  termasuk dalam keluarga Araucariaceae (susah banget nyebutnyaaa :( ), suatu tanaman kuno yang memiliki 3 genus utama (Agathis, Araucaria, dan Wollemia) yang memiliki 41 spesies. Cemara Norfolk termasuk dalam genus Araucaria. Dan tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara mencangkok batangnya yang masih muda. Nah, kalo udah keluar akar dari bekas sayatan pada cangkokan, maka batang dapat dipotong, dan kemudian ditanam di tanah deeehhh.. (Tapi kalo dirumah gw, gw tanam di pot yang dipendam dalam tanah supaya pertumbuhannya gak terlalu cepat.. hihihihihi...

 





6 comments:

  1. Hai nuke.. Inspiratif bgt ini ide taman mini nya.. Harganya brapa ya cemara norflok itu?

    ReplyDelete
  2. Ide cemara norflok nya kereen.. Harganya brapa itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo nastiti.. Makasih yaa komentarnya. Waktu itu aku beli sekitar 50-60rb per pohonnya untu cemara norfolk ukuran sekitar 40-50fm. Makin tinggi sih makin mahal. Tapi aku sengaja ga mau tinggi2. Hehe.. Pinter2 nawar aja say sama tukang tanaman....

      Delete
    2. Saya baru beli cemara norfolk di Jawa harganya 60rb, saya tawar jd 50rb, tingginya nyampe 1 meter. Saya ingin cemara itu lebih tinggi lagi tapi ga terlalu tinggi kaya pohon klapa, nanti pasti disuruh ditebang lagi sama kakak. Dibilangnya seremlah, ada penghuninya lah. Padahalkan itu cemara excotis macam di pilem-pilem twilight gitu ya teh. Hehe. Oya cemara ini kan numbuhnya lurus terus ke atas gak nyabang-nyabang, Bisa ga ya cemara norfolk dipangkas pucuknya aja biar nanti gak terlalu tinggi?

      Delete
  3. Di depan halaman rumah saya juga ditanam Cemara Norflok sudah hampir 2 tahun, dari awal ditanam lgs di tanah tingginya 60 cm, tapi sekarang sudah hampir 2 m. Justru semakin tinggi pertumbuhuan pohon Cemara Norflok ini jadi semakin excotis keindahannya dengan pertumbuhan daunnya yg hijau simetris berduri tidak pernah berguguran, asal jangan ada penghalang kabel listrik aja di atasnya, akan semakin indah pandangan mata. Jadi sayang sekali kalau dipangkas (tebang) ujungnya, walaupun nanti akan tumbuh tunas baru lagi, tapi pertumbuhannya jadi kurang bagus (proposional) antara batang lama dan batang tunas barunya.

    ReplyDelete
  4. Mari Hijaukan Bumi Kita

    Kami suplier Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang dan tanaman lain untuk kebutuhan taman anda seperti aneka palem, pule, soka india, aneka kamboja, dll.
    Kami juga melayani jasa pembuatan taman untuk wilayah Jawa Tengah

    Hubungi kami klik http://rumputjepang-gajahminimurah.blogspot.com/

    Arya Flower

    ReplyDelete