March 23, 2013

{Cek & Re-Cek} Gula Darah, Asam Urat, en Kolesterol

Postingan ini udah telat banget sebenernya. Kira-kira harus udah naik tayang 2 minggu yang lalu...*tsaaelaah* hehehehe.... Jadi, ceritanya....

Waktu itu pulang perayaan HUT Kota Bekasi ke 16 en Pelantikan Walikota & Wakil Walikota Bekasi di kantor saya, si mas jemputlah ke kantor..dari situ kita langsung mau pulang aja niatnya. Eh, ga taunya mbah minta dibeliin obat. Nah, mampirlah kita ke Toko Obat Generik di sekitar Perumnas 3 Bekasi. Pas baru sampe tokonya gw liat ada standing banner yang isi tulisannya tentang cek gula darah. Karena emang sebelumnya gw juga kepengen tau tentang gula darah dalam tubuh gw, akhirnya gw menawarkan ke si mas untuk ikutan cek itu...

Cerita punya cerita, si mas setuju! Dan gw lah yang ketakutan...Why? Soalnya gw takut ditusuk jarum tangannya...huhuhuhuhu.... Kalo kata petugasnya sih, ga sakit. Cm kaya ga sengaja kalo tangan kita kena peniti pas pasang jilbab..serius, mba????

Nah, jadilah gw dluan yang di tes. Awalnya kaget pas alatnya bunyi "cetaaakk" gitu..kecil sihh bunyinya...tapi atiiit....kluar lah darah gw dr bekas tusukan itu...nyeess...*ngerii sayaahh*

Trus si mbak2nya nempelin ke beberapa kertas ukur yang tipis en kecil gitu...abis itu dimasukin ke alat tesnya. Baru deh kluar hasilnya. Si mas juga sama, di tes bgitu juga. Tapi klo si mas sampe 2 kali di tusuk jarumnya. Soalnya darahnya ga kluar...hahaha..*bisaa gitu yaa*

Gak lama, hasil tes kita berdua keluar...rada takut juga. Soalny masih muda gini masaa penyakitan siyh...pas di tulisin hasilnya sm si mbak2nya, gw ga brani liat. Sampe ditanya umur segala looh...

Nah, berikut ini adalah ukuran sampai batas normal untuk setiap tesnya yaa...

1. Asam Urat : 3 - 71
2. Gula Darah : 115 - 150
3. Kolesterol : 120 - 200

So, buat hasil tesnya gw sm si mas adalah seperti ini :
1. Prasetyo W. (26th)
    Gula Darah : 104 (teramat rendahh kamuuu ioo...)
    Asam Urat : 8,3 (cukup jadi perhatian nantii nih asupan makanannya.. :( diatas normal..)
    Kolesterol : 226 (udah cukup tinggiii...warning! Kurangin seafood, kurangin telor, kurangiiiinn....)
2. Nuke Ristianing (25th)
    Gula Darah : 116 (masiii normal, tapi cukup rendah juga ;( kali ini kita tooss deh mas..)
    Asam Urat : 4,3 (normal sangaaatt...whehehehe.....well, gizi seimbang...hihihi)
    Kolesterol : 181 (masiii amaaaannn.....seafood masih bisa laahh yaa...walau jangan banyak2 juga)


Fuihh....hasilnya lumayan juga ya untuk jadi peringatan dini. Kenapa gw bilang peringatan dini, karen ternyata penyakit ini ga dateng cuma untuk orang tua aja lohh...kita yang masih under 30th jg bisa berpotensi...So, dari sekarang teraoin deh pola hidup sehaat..mulai dari makanan, pola makan pola tidur, en aktivitas kita juga tentunya..

Dan, buat gw pribadi..PE ER besar nihh buat ngejaga asupan makanannya si mas supaya ga kelewat batas kayak tes diatas..Dan, yang ga boleh di tinggalin juga, minimal cek yuukk sebulan sekali..buat kebaikan kita juga loh...Toh, masih terjangkau...Klo udah sakit kan mahalnya biaya pengobatan ga tegak lurus sama tesnya...


Yuk, peduli sama kesehatan kita

0 comments:

Post a Comment