December 31, 2010

...Cukup...

Aku tak pernah ingin . .bahkan tak pernah
meminta.
tapi itu hadir..
lantas kenapa detik ini harus merasa
berbeda..?
bukan salah siapa -siapa ..ini mungkin hanya
keadaan.
ya, saat melihat. .
semua itu semu .. ya, semu .. .
maka bangunlah dari angan
bersyukurlah atas apa yg ku miliki..
....cukup . .....
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 30, 2010

Jika Ini Bukan Cinta

Jika ini bukan cinta
Jantungku tak kan berdegup begitu
dahsyatnya tatkala semburat cahaya
menyentuh retina tuk tampakkan bayangan
mata . Meluruhkan seluruh napas tuk
bersabda di atas pesona debaran sesakkan
dada .
Jika ini bukan cinta
Hatiku tak kan meringis membanjir deras
tatkala rasa teringkar setelah lama
bersemayam . Memendam dalam bisu dan
kamuflase bahagia yang terurai.
Menggoyahkan ego dan hasrat dalam prinsip
yang tertata .
Jika ini bukan cinta
Akalku tak kan berargumen tuk halalkan
segala fitrah mengancam jiwa tatkala
memikirnya tuk kabulkan imajinasi merangkai
asa. Membeku dalam kelu lingkaran iman di
atasnya .
Jika ini bukan cinta
Wahai Dzat yang jiwaku berada pada
genggamanNya
Dekaplah aku dalam sorot mata lindunganMu,
agar ku bernaung dalam debaran damaiMu
menenangkanku
Rangkullah aku dengan kehangatan cintaMu ,
agar ku tak terjerat rasa semu yang
membuatMu melepasku
Peluklah aku dalam definisi imajinasi
mengharapMu, agar ku tak terlena puing-
puing khayal nyata asaku
Jika ini bukan cinta
Wahai Dzat yang hatiku berada dalam
tatapanNya
Buanglah rasa yang mengitari hatiku. Jangan
biarkannya membadai , meluluhlantakan
seluruh gedung berfondasi baja yang selama
ini kubangun , di tengah tandusnya gurun
pasir dan besarnya gelombang samudera .
Enyahkanlah tentangnya dalam pikirku. Jangan
biarkannya berkobar , menyuluti seluruh
tatanan sejuknya hawa bumi yang selama ini
kucipta atas izinMu, dalam rengkuhan aliran
sungai dengan riaknya dan danau dengan
diamnya.
Namun jika ini cinta
Cukuplah Kau yang mengetahuinya
Published with Blogger-droid v1.6.5

ah..aku salah..

Aku pikir ada yang berbeda.
Ah..ternyata sama.
Aku pikir tidak seperti yang lainnya.
Ah..aku salah.
Tidak untuk keduakali.
Hanya aku yang keliru..
Keliru melihatnya..menilainya.
Ah..ya sudahlah..
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 29, 2010

Garuda 'tetap' di Dadaku

Semua itu udah berakhir. Jargon-jargon semangat pun sudah lantang di teriakan. Kita memang nyaris sempurna. Tapi sungguh belum sempurna. Timnas Indonesia memang telah berjuang. Yang terbaik untuk negeri. Satu untuk Indonesia. Satu hal yang bisa kita tangkap dari perhelatan akbar ini..adalah semangat persatuan yang tidak pernah pudar. Semangat persatuan yang membumbung tinggi bak garuda meraih mimpi.

Bisa kita pahami betapa sepak bola sebagai olahraga rakyat mampu menyatukan seluruh elemen negeri ini. Tidak peduli dengan suku..agama..ras..bahkan partai. Dari mulai kafe kelas atas sampai pos ronda kampung ramai membicarakan sepak bola. Euforia ini bisa kita lihat sebagai bentuk ekspektasi yang cukup besar dari masyarakat.

Yaa sekali lagi Garuda masih butuh terbang jauh tinggi untuk meraih mimpi. Tapi semangat persatuan..membuktikan Indonesi bangsa yang besar. Terima kasih untuk seluruh pemain Timnas Indonesia. Terima kasih untuk suporter Indonesia.

GARUDA DI DADAKU!
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 28, 2010

alhamdulillah..

UWuahh..senangnya. kemaren2 ngidam banget yg namany hp touchscreen..*maklum..slama ni keypad addict* hehehe..nah brencana lah aku pgn bli Samsung Wave 525 nich...stelah hunting2 walopun ga pny duit...hehehe...semper ragu sm tawaran BeBe dr temen..atw LG KP 550. Sumpah aku pusing. Bukan karena banyaknya pilihan..tp karena ga da uangnya..sementara mwnya tuh bnyak bngeett...hihihi..

Nah..suatu saat..tiba2 lg asik ngobrol sama pacar..dy blg mw bli hape..eeeuurrgg..*ngiri*
selidik punya selidik dy mau bli hp touchscreen..oh no! I wanna it too beib..hiks.

Tibalah suatu masa..taraaa...pacar aku ngajak ambil hp di saudaranya. Oh ternyata dia jd pesen rupanya..hihih..yudh berangkatlah qt sore itu naik c biru yg tiap klo ktmu aku slalu dipoles smp kinclong boo..haha jadi seneng.

Okelah..akhirny sampe qt di kos2an sekitaran rawamangun.. * sumpah yee c aku jd pgn kost lagi..*
Pas masuk n terjadilah transaksi mengerikan itu. Whuaaatt..? Mengerikan? Y iyalah mengeriaan soalny pacarku itu..beli hape nya 2. Widiiihh..pas liat makin naksir aja. Heu!

Finally setelah transaksi sore itu qt plg. Asli ya muka saya cemberuut abis..! Kebayang ga c kalian..?!pasti kebayang kn..yaaa...sy cemberut gr2 ga bisa nonton bola! Wktu tu leg k2 piala AFF pas bgt Ina vs Philipina...uuuhhh..sebel. kan jd ga bs nonton.

Akhirnya sampelah kita dirumah..istirahat bentar smp nunggu bola selese. Pas pacar saya itu pulang..dy titipin satu hpnya di saya..

Rencanany hp itu mw djual.
Besokny aku bw hp itu kr kntr n nawarin ke tmn2. Ga da yg mau..coz harganya mahal beuuuudddd... ya maklumlah..akhir tahun gini pegawai negri mana punya duit c..wkwk..

Ngadulah aku sm pacar aku itu klo hp nya ga laku. Yaaa akhirny dy nyuruh aku pk ja dl smp da yg mw bli. Hmmm ya sudah...aku pakelah hp iti. Yaa ush da si 2 minggu mah...

Smlm...stelah tawar menawar sm pacar saya itu..*karena setelah dipake saya cintaaaaaa bangeeeeett sm hp itu* eh ternyata..dibolehin untuk milikin hape itu..! Alhamdulillah...
Lebih oke lagi coz ternyata ga perlu di bayar..!! Alhamdulillah lagi Yaa Alloh...

Makasih banyak deh buat pacar saya dan mamanya...*peluk cium untuk kalian berduaaaa...mmmmmmmmuach :-* hehe....*

Oya..pd penasaran yaa soal hapenya..? Ini nich hape yg pd akhirnya saya miliki..

ASUS GARMIN A50 !!
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 27, 2010

Terima Kasih Rabb..

Malam ini ga henti2 aku tersenyum..pada malam..pada bintang..padaNya yang begitu Maha Mengasihi..
Dialah Arrasy yang agung. Pemilik segenap kehidupan..dan disanalah hidupku digenggamNya.

Bahkan langit pun seperti ikut larut dalam bahagia ini..tebaran bintang. Indah!

Terima Kasih yaa Alloh...
Published with Blogger-droid v1.6.5

aku..kamu

Saya takut terlalu jauh nanti jatuh. Rasanya biar seperti ini saja. Hanya hati. Tanya hati. Aku. Kamu.
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 23, 2010

Dimana Ikhlasku

Sampai titik manakah aku tau makna ikhlas itu? Kadang ketika hadir lagi dalam memori segala bentuk “pendzaliman” itu, sekali lagi cuma tanya yang mampu mengikutinya. Apakah aku mampu? apakah aku bisa mencari ikhlas itu. Dalam tumpukan rasa kesal yang menggunung? Dari jauh, sudah kukumpulkan “bahan” ikhlas itu. Hanya sekali lagi, aku dalam kapasitasku manusia biasa, seolah bahan itu tak cukup membuatku puas untuk meresapi ikhlas sesungguhnya dalam hati dan pikiranku. Sekali lagi aku manusia..manusia. Tentang hasrat..tentang keinginan. Dan tentang kenyataan.

Rabb..jika memang itu jauh..Bukalah hati untuk bisa membiarkan rasa ini masuk. Tanpa harus terusik lagi dengan “sakit”. Cukupkanlah segalanya, sesuai kadar yang Kau tentukan. Nyatanya memang Kau yang tau segalanya.  Hanya saja kiranya mereka yang ada di balik ini kelak Kau berikan yang terbaik..sesuai yang mereka perbuat.

December 22, 2010

Happy Mom's Day

Terima kasih Rabb telah hadirkan pelita kehidupan dalam duniaku. Atas kasih sayang Dan perjuangan hidup yang take kenal lelah. Ribuan peluk cium Dan air Mata tidak Akan mampu menggantikan semuanya..

SELAMAT HARI IBU...

untuk THE STRONGEST WOMAN...My mom....
Published with Blogger-droid v1.6.5

December 17, 2010

Unik..atau kreatif ???

Iseng-iseng waktu lagi makan siang sama temen-temen kantor di Bebek Slamet deket AMIK Mikar Bekasi...Eh tiba-tiba kita rame-rame beli rujak tumbuk..hahaha...Pas banget deh aku liat sesuatu yang aneh sama gerobak si abangnya...hahahaha....nich dia gambarnya..

  Asli yaaahhh...kreatif banget si abangnya..hehehe....
Nah slain itu ada juga ke-kreatifan lain yang aku liat di deket situ...nah, ini nich gambarnya...

ternyata yang butuh dukun bukan cuma manusia aja...hp cdma n gsm pun butuh...dunia emang edaaaaaaaannnn... 

December 4, 2010

THIS LOVE IS OURS

Iseng-iseng liat foto di sebuah Facebook sahabat saya...eh nemu kata-kata inspirasi...keren...

So don't you worry your pretty little mind,
People throw rocks at things that shine
and life makes love look hard.
The stakes are high, the water's rough
But this love is ours.

yeah..finally THIS LOVE IS OURS...

Love Is Ours

Kali Ini Saya Mengeluh

Tuhan..kali ini saya benar-benar merasa tidak adil..tidak adil sedalam-dalamnya...
Ada hak kami di dalam sana, kenapa juga masih seperti ini...
Ada banyak keperluan hidup yang ditanggung atasnya, kenapa juga ini masih terlalu lama dilepas?
Tuhan, aku memang tidak pantas, bahkan tidak boleh seperti ini. Tapi Tuhan, aku tidak sanggup..
Kenapa harus seperti ini?
Ada rencana apa dibalik ini semua, Rabb,,
Sekarang saya harus seperti apa?????

First Sushi at Ichiban Sushi Resto

Hmmmm......iseng-iseng ngobrol sama masku waktu itu...Pengen banget nyobain yang namanya sushi..
Weww...saya belum pernah makan sushi booo...

Jadilah saya googling tentang resto2 Japan gitu di Bekasi..Ketemula Ichiban Sushi..Ok. Fine...Akhirnya kita sepakat untuk ke Ichiban Sushi Mega Bekasi di akhir pekan.

Taraaaaaaa.....ternyata begini toh tempatnya...hihihi
Baiklah, first kita dikasih book menu sm waitress-nya..pilih-pilih..lama bangeeeeettt...soalnya kita berdua heran makanan apa yang ada di buku menu itu...setelah pilih sana pilih sini, diputuskanlah kita mesen :
  • 1 Bento Box
  • 1 Special O'Day
  • 1 Milo Hangat
  • 1 Ice Lemon Tea..
 ini nih gambar nya...



it was so delicius, wasn't it?

Pertama menu datang dengan welcome soup gt..isinya rumput laut, tahu, en ada isinya lagi tp ga tau namanya...hihihi...Trus kita cobain n rasanya....enaaaakkk...ada juga sambal hijaunya..(bukan kaya sambal hijau di rm. padang yaaa..) sambalnya ini aneh banget..tau knapa? Soalnya rasanya ga pedas, tp kecut. Sumpah kecut abiiiiiss...

Baru deh setelah itu kita cobain semua menunya...At least asik banget, ga penasaran lagi klo makan sushi dan teman2nya...hohoho...

Tempatnya juga enak kok, bersih n nyaman...Recomended laah yaa...
Oya, kita makan berdua disana "cuma"menghabiskan Rp. 88.000,-
Lumayan lahhh...

October 21, 2010

Kita

Terima kasih ya Allah...cinta itu masih ada...kuat.dan tetap bersemi...

_Kita_
Jakarta
21 Oktober 2010

October 17, 2010

Masih Cinta (Part 1)

hari ini...sumpah mut mood gw bete abis..
lg iseng2 ngenet...buka2 apa aja..tiba2 playlist winamp gw muter lagunya Kotak yang Masih Cinta...
huaaaaa...tepat banget sama perasaan gw...

iseng lah search di youtube videonya...waw..gw nwmuin video asli keren banget...
(sebenernya sich biasa aja, apa karena feel gw lg sendu melow yaa....)
at least gw donlot lah pideo itu...cm gw rada gaptek. hahaha...#gangerticaradonlotyoutube
yo wisss...gw catet ajah puisi itu..
yg ada di dlm video tea..
naahh..ini dia puisi nya...

eeehhhmmmmm...

It was dedicated for u...my beloved dear...

akankah kau ada saat musim-musim berganti
saat hari berganti malam yang panjang
di sisiku saat ku sepi
dan bersamaku dibawah sang badai
adakah kau jaga rasa ini
bagiku, bagimu bagi kita
hingga nanti
Jujur ku tak bisa berharap
hanya berlutut dalam diam dan keheningan tak berucap
ku tak tahu apa yang harus kupinta
dan semua tentangmu saja...
ku tak dapat memohon
tak kuasa berkata...
jika kau, kemudian tak ada semua..
tak ada aku, tak ada kamu, tak ada mereka...
hanya kita
ku tak inginkan jika, tak ada bila dan tak ada juga mengapa...
aku akan ada di sisimu
berapa lamapun tak apa..
seberapa jauh perjalanan juga aku takkan bertanya
bila kau disitu
ku hanya ingin disisimu selalu
itu bukan alasan bagiku
karena ku kan tetap menunggumu
ku tak perlu alasan untuk semua itu..
namun..
namun jika kau ingin tahu mengapa
coba tanyakan hatimu..
mengapa ku tetap sayang padamu...

micropage7
Yudi Rachman

October 16, 2010

pergilah ke mana hati membawamu...

Dan kelak. di saat begitu banyak jalan
terbentang di hadapanmu
dan kau tak tahu jalan mana yang harus
kauambil, janganlah memilih dengan
asal saja, tetapi duduklah dan
tunggulah sesaat. Tariklah napas
dalam-dalam, dengan penuh kepercayaan,
seperti saat kau bernapas di hari pertamamu di dunia ini.
Jangan biarkan apa pun mengalihkan
perhatiamu, tunggulah dan tunggulah lebih lama lagi. Berdiam dirilah, tetap hening, dan dengarkan hatimu.
Lalu, ketika hati itu bicara, beranjaklah,
dan pergilah ke mana hati membawamu...



September 24, 2010

UJIAN, IKHLAS, DAN RASA SYUKUR


Antara ikhlas dan perasaan tidak rela itu ternyata beda tipis, kawan...hal itu sudah ku buktikan sendiri dalam hidup aku. Sejauh saya berusaha, saya belum menemukan makna ikhlas dalam setiap peristiwa yang saya alami. Lebih jauh, saya justru terus mengeluh dan lupa bersyukur bahwa tentunya di balik ujian-ujian saya (yang terasa berat-bagi saya-)Dia telah menyelipkan seutas senyum untuk saya. Bahwa saya tidak sendiri, bahwa hidup saya saat ini adalah awal untuk saya belajar sebagai mana manusia dewasa pada umumnya. Bahwa hidup itu adalah tantangan dan perjuangan. 

Terima kasih untuk Rabb ku yang dengan kasih dan rahmat-Nya begitu menyayangi saya melalui proses-proses hidup yang harus saya lalui. Terima kasih pula untuk-Nya yang telah memberi saya sentilan mendalam melalui pertengkaran malam itu dengannya (baca : luvly sistaaa..).  Dan yang pasti adalah terima kasih untuk-Nya yang telah menghadirkan dia (baca : maskuuu..) dalam bentuk dukungan tidak terkira..sehingga saya pun tidak sendiri. Belajar lewat masukan dan contoh orang lain.
Itulah antara ujian, ikhlas, dan rasa syukur dalam kehidupan. Semuany begitu tipis manakala waktunya tiba bersamaan. Maka pandai-pandailah menelaah hidup.

September 20, 2010

Terima Kasih

when you tell me that you love me
biar beribu kata pun saya ga sanggup membalas semuanya..
terima kasih Rabb, untuk kehidupan ku mengenalnya..

terima kasih untuk waktu selama 68 bulan ini terlewati dengannya..
terima kasih untuk segala tempaan yang membuat kami semakin tau arti hidup..
yang membuat kami semakin merasa satu.

namun jangan lah Kau munculkan dalam sela hati kam rasa sombong dan berbangga diri, sesungguhnya kami terus memohon padaMu.

amin..

August 23, 2010

Waspadalah Yang Terbaik

Mendengar beberapa berita yang muncul di media massa akhir-akhir ini cukup membuat kita perlu waspada. Tidak lain dan tidak bukan adalah informasi yang berkenaan dengan kejahatan mulai beredar luas di kalangan masyarakat. Meteka kini pun lebih berani dalam melancarkan aksinya. Tidak tanggung-tanggung senjata api pun yang menjadi teman setianya. Mulai dari laras pendek sampai laras panjang. Wajar saja, jika masyarakat pun kian khawatir. Terlebih lagi bagi mereka yang akan berurusan dengan pihak bank dan perhiasan.

Mari kita lihat, sebenarnya apa yang mendasari kejahatan kian marak terjadi akhir-akhir ini? Jika kita telusuri lebih dalam, permasalahan ekonomi menjadi faktor yang paling mungkin bagi para penjahat ini melancarkan aksinya. Lihat saja bagaimana masalah ekonomi menjadi yang paling sering di bahas dalam kehidupan masyarakat. Terlebih lagi dengan moment Ramadhan seperti sekrang ini. Disaat kebutuhan lebaran semakin meningkat sementara penghasilan yang tidak cukup, bisa saja memaksa orang untuk berbuat nekat seperti perampokan yang akhir-akhir ini terjadi. Di sisi lain ada juga sebagian kalangan yang melihat pendanaan terorisme menjadi motivasi seseorang melakukan perampokan-perampokan.

Namun, selayaknya kita dapat bersikap bijak, apapun motifnya, kita harus tetap waspada. Segala kemungkinan bisa terjadi bahkan dalam waktu yang tidak kita duga. Tetap waspada dan hati-hati.!

August 21, 2010

My New Life

Enam bulan berlalu..
Dan aku banyak belajar darinya.

Semakin tau bahwa hidup itu harus berjuang.

Bahwa keputusan kita adalah masa depan.

Bahwa tantangan dan hambatan selalu ada di depan langkah kita. Bahkan lewat orang terdekat sekalipun.

Tapi kehidupan akan terus berjalan,dan kita aktor di dalamnya.
Kemana kehidupan kita akan berlanjut,kita jg yg mengawalny..


Masa depanku adalah misteri selanjutny. Di mulai sejak besok dan selanjutny,itulah hidup kita..

Belajar u/semakin dewasa dan bijak..belajar u/tau sebenarny arti hidup..

..........cukup...............

aku tak pernah ingin..bahkan tak pernah meminta.
tapi itu hadir..
lantas kenapa detik ini harus merasa berbeda..?
bukan salah siapa-siapa..ini mungkin hanya keadaan.
ya, saat melihat..
semua itu semu..ya, semu...
maka bangunlah dari angan
bersyukurlah atas apa yg ku miliki..
....cukup......

August 20, 2010

Sajak Religi

Tadi waktu online di FB dapet pesan dari salah satu teman...Subhannalah...isinya bagus..Aku share disini yaaa...

Tatkala dunia memberi seribu alasan untuk kita menangis,

tunjukkanlah bahwa kita punya sejuta alasan untuk tersenyum,

ketika dunia memberi 1000 alasan untuk kita mengeluh,

tunjukkan bahwa kita punya 1 juta alasan u/ bersyukur,
...
ketika dunia memberi seribu alasan untuk kita menyerah,

tunjukanlah 1 juta janji Allah bahwa kita akan berjaya.

ikhwah fillah..!

Dunia ini terlalu hina untuk membuat kita menangis,

terlalu murah untuk membuat kita bersedih,

terlalu lemah untuk membuatt prajurit Allah putus asa....

Memang Allah tidak menjanjikan Langit selalu Biru,

Bunga selalu mekar.

tapi janji Alloh pada mukmin itj tetap. jannahNya..

Sungguh Rindu

Ternyata kerinduan untuk menulis itu masih sangat besar ya...
Hari ini, aku kembali lagi ingin menulis..
Segenap rasa rindu itu pun membuncah manakala iseng-iseng mengunjungi blog orang lain..
Ternyata...

Apa yang harus ditulis? Bingung. Pada dasarnya ketika suatu kalimat dan kata-kata ingin tercurah, selalu saja berbenturan dengan kata "bingung". Ah wajar itu..begitu kataku menghibur diri.

Hari ini sepi..dikantor, atau dimanapun. Termasuk dalam hati ini. Ditemani si biru dan lantunan Justin Bieber, jari-jari ini dengan asik menekan deretan angka dan huruf si biru. Ribuan kata mengalir jelas, tapi tanpa tahu dimana muaranya. Apa yang ditulisnya. Aku hanya ingin menulis..ya. Menulis. Apapun yang dapat aku tulis hari ini. Karena aku sungguh rindu..ya Sungguh rindu!

January 13, 2010

Atribution Theory (Harold Kelley, 1972-1973)

Sejarah Teori Atribusi
Teori atribusi dari Harold Kelley adalah teori atribusi yang paling terkenal diantara teori atribusi lainnya. Teori atribusi diperkenalkan oleh Fritz Heider (1958) pertama kali mengenai atribusi kausalitas. Atribusi merupakan proses menyimpulkan motif, maksud, dan karakterisik orang lain dengan melihat pada perilakunya yang tampak. Hal ini dikemukakan oleh Baron dan Byrne, 1979:56. Atribusi merupakan salah satu proses pembentukan kesan. Dimana proses pembentukan kesan ini dapat dilihat berdasarkan Stereotip, Implict personality Theory, dan Atribusi. Secara garis besar ada dua macam atribusi, yaitu atribusi kausalitas dan atribusi kejujuran. Heider mengemukakan bahwa apabila kita mengamati perilaku sosial, maka yang pertama kali harus kita lakukan adalah menentukan terlebih dahulu apa yang menyebabkannya, yakni faktor situasional atau personal. Dalam teori atribusi lazim disebut kausalitas eksternal dan internal (Jones and Nisbett, 1972). Beberapa peneliti lain menghubungkan proses atribusi dengan persona stimuli, dimana hal ini berhubungan dengan atribusi kejujuran.

Teori Atribusi Harold Kelley (1972-1973)
Teori Atribusi yang berkembang pada tahun 1960-an dan 1970-an memandang individu sebagai psikologi amatir yang mencoba memahami sebab-sebab yang terjadi pada berbagai peristiwa yang dihadapinya. Ia mencoba menemukan apa yang menyebabkan apa, atau apa yang mendorong siapa melakukan apa. Respon yang kita berikan pada suatu peristiwa bergantung pada interpretasi kita tentang peristiwa itu. Teori Atribusi yang dikemukakan oleh Harold Kelley menyatakan bahwa kita menyimpulkan kausalitas internal maupun eksternal dengan memperhatikan tiga hal, yaitu :
Konsensus : apakah orang lain bertindak sama seperti penanggap
Konsistensi : apakah penanggap bertindak yang sama pada situasi yang lain
Kekhasan : apakah orang itu bertindak yang sama pada situasi lain atau pada saat itu saja.
Menurut Teori Kelley ini, apabila ketiga hal itu tinggi, maka seseorang akan melakukan atribusi kausalitas eksternal.

Aplikasi Teori
Seorang mahasiswa, sebut saja namanya Rudi, bertengkar dengan seorang dosen di kampusnya, begitu pula dengan mahasiswa yang lain. Hal ini menunjukkan konsensus yang tinggi. Rudi pernah juga bertengkar dengan dosen itu sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa konsistensi yang tinggi. Kemudian Rudi tidak bertengkar dengan dosen yang lain, Rudi hanya bertengkar dengan dosen itu saja. Dalam hal ini maka kita akan menyimpulkan bahwa Rudi marah kepada dosen itu karena ulah dosen, bukan karena watak Rudi yang pemarah. Ini sebagai salah satu contoh atribusi kausalitas eksternal yang merupakan proses pembentukan kesan berdasarkan kesimpulan yang kita tafsirkan atas kejadian yang terjadi.